Rabu, 31 Desember 2008

Peningkatan Mutu Dosen Melalui Rancangan Pengajaran (2)

2. Tujuan Instruksinal Umum (TIU), Arah Umum Kegiatan Pengajaran

Tujuan mata kuliah yang diasuh merupakan bagian kesatuan dari upaya pencapaian tujuan yang lebih besar yaitu tujuan institusi atau bahkan tujuan pendidikan nasional. Umumnya tujuan mata kuliah telah ditetapkan oleh jurusan dan tertera pada Buku Pedoman. Seringkali tujuan mata kuliah itu disebut sebagai Tujuan Instruksional Umum (TIU) dan tertera pada Buku Pedoman, sehingga harus diterima dan dilakukan oleh dosen. Hal tersebut merupakan sesuatu yang givenMenurut Utomo dan Ruijter (1985) TIU suatu mata kuliah mempunyai empat fungsi, yakni: (1) merupakan dasar untuk menyusun sasaran belajar, (2) merupakan tujuan mata kuliah, (3) merupakan dasar untuk menentukan kegiatan mengajar, dan (4) merupakan pernyataan tentang kedudukan suatu mata kuliah dalam kurikulum. Secara ringkas, TIU berfungsi sebagai arahan yang bersifat umum dari tujuan pengajaran suatu mata kuliah tertentu. Bentuk TIU dari segi tampilan berbentuk: (1) pernyataan yang bersifat umum dan luas, (2) dapat dinyatakan dari segi pengajar maupun dari mahasiswa, dan (3) jumlah rumusan sedikit dan tidak dinyatakan sebagai perilaku. Contoh TIU yang dinyatakan pada satu Buku Pedoman Pendidikan Fakultas X sebagai berikut: Mata kuliah : Metode Penelitian (3 sks) Tujuan : (1) memberikan makna tentang pengetahuan, ilmu, teknologi, dan penelitian. (2) melatih dasar keterampilan dalam melaksanakan kegiatan ilmiah yang berupa penelitian serta menumbuhkan sikap positif terhadap kegiatan dan kebenaran ilmiah. (3) memberikan dasar kemampuan guna menyusun skripsi dengan tata cara dan kecermatan penulisan yang baik dan benar. karena telah dirancang sebagai suatu kesatuan untuk mencapai institusi, sehingga jika dosen merubah tujuan tersebut sesuai kehendak dosen sendiri maka kemungkinan bisa tidak mengarah pada tujuan institusi.

4 komentar:

Diah mengatakan...

Ass Wr Wb, Bu Aniek, sy sbg dosen yunior memang perlu belajar banyak tentang "kedosenan". Ibu kelihatannya sdh senior ya . . Saya tertarik dg tulisan Ibu, juga tulisan berikutnya, Matur nuwun Bu . .

Soewito mengatakan...

Trima kasih Bu Aniek, tulisannya menarik sekali. Sy hrs belajar banyak Bu utk menambah wawasan sbg seorang dosen. Sy tunggu tulisan berikutnya

Dra. Aniek Syamsuddin, MM. mengatakan...

@ Bu Diah: Makasih Bu Diah komentarnya. Kita sbg dosen saling berbagi pengalaman ya . . . Ikuti terus tulisan sy, dan sy jg nunggu tulisan Ibu lho . . .

Dra.Aniek Sustiani Syamsuddin, MM. mengatakan...

@ Pak Soewito: Sama2 Pak, sy jg terima kasih atas komentarnya. Kita saling berbagi pengalaman n silahkan mengikuti tulisan sy berikutnya.